Rabu, 15 April 2015

FENOMENA MEDIA SOSIAL



FENOMENA MEDIA SOSIAL
Tingginya penggunaan telepon genggam ataupun smartphone pada anak usia sekolah, secara tidak langsung meningkatkan pula pemanfaatan media sosial dikalangan anak sekolah ini. Dengan menggunakan telepon genggam atau smartphone yang mereka miliki, mereka dapat dengan mudah mengakses aplikasi media sosial yang mereka miliki. Buktinya dalam hal jumlah pengguna facebook saja, per desember 2013 menurut socialbaker, Indonesia menduduki peringkat keempat dibawah Amerika, India dan Brazil.
Fenomena ini telah menjadi bahan penelitian oleh banyak pihak dan menghasilkan beberapa kesimpulan. Dari beberapa penelitian yang dilakukan terhadap fenomena media sosial ini, disebutkan bahwa alasan mengapa remaja sangat menggemarinya yang pertama adalah dengan menggunakan media sosial ini, mereka lebih mendapatkan perhatian dari masyarakat ataupun mereka yang sebaya. Hasil penelitan yang dilakukan oleh Pew Research Center Study, Amerika Serikat, menghasilkan fakta bahwa sebagian remaja melakukan aktifitas berbagi informasi melalui media sosial. Berbagi informasi ini menjadi kunci mereka untuk mendapatkan perhatian bagi mereka sendiri. Sebagian dari remaja juga mengeluhkan tentang aktifitas overposting di media sosial ini. Akan tetapi mereka tidak menyadari bahwa mereka juga menjadi salah satu bagian dari aktifitas tersebut. Kedua adalah remaja cenderung lebih percaya diri jika bergaul di media sosial daripada di kehidupan bermasyarakat yang sebenarnya. Hal ini membuat anak-anak dan remaja tertutup dengan orang disekitarnya dan lebih merasa aman jika melampiaskannya di media sosial. Disisi lain sikap semacam ini memicu aktifitas meminta pendapat. Pendapat yang diharapkan bukan saran langsung dari seseorang, melainkan saran melalui teman di media sosial. Saran disini tidak hanya berupa komentar, namun kadang juga hanya sekedar like pada postingan mereka di facebook atau sekedar retweet pada twitter. Dengan banyaknya like ataupun retweet yang mereka dapat maka makin populer juga mereka diantara yang lainnya. Ketiga adalah satu hal yang dipacu oleh poin kedua. Dengan populernya mereka di media sosial akan timbulkah citra dari diri anak-anak dan remaja ini. Mereka berusaha mencetak citra yang baik akan dirinya melalui media sosial. Namun tentunya citra yang dihasilkan ini tentunya bukan citra yang sebenarnya. Perlu diingat bahwa pada sebuah penelitian, penggunaan media sosial biasanya untuk menghindari rasa malu untuk bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat. Bukan berarti jika citra anak-anak dan remaja baik di media sosial, akan baik pula di realitanya.
Lebih buruknya lagi, regulasi dan aturan yang ditetapkan oleh penyedia layanan media sosial yang rata-rata menetapkan usia penggunanya harus berusia lebih dari 17 tahun kerap dilanggar. Wawancara yang dilakukan penulis dengan beberapa guru SD dan SMP menemukan bahwa kebanyakan siswa SD dan SMP sudah mahir dan terbiasa menggunakan media sosial. Meskipun banyak orang yang menganggap hal ini merupakan persoalan yang wajar, apabila tidak disikap dengan bijak maka media sosial dapat merubah sifat dan perilaku siswa ke arah yang negatif.
Akibat negatif dari penggunaan media sosial yang paling banyak menelan korban didunia adalah cyberbullying. Cyberbullying dapat diartikan sebagai tindangan mengusik, menghina, mengejek, atau menyudutkan seseorang memalui media teknologi komunikasi (dalam banyak kasus melalui internet dan jaringan telepon genggam). Anak-anak dan remaja dapat menjadi korban cyberbullying tanpa terkecuali. Salah satu kasus terkenal tentang dampak cyberbullying adalah kasus Megan Meier yang bunuh diri karena di-bully melalui media sosial MySpace. Tidak ada anak ataupun remaja yang dapat kebal terhadap tindakan ini.
Cyberbullying berbeda dengan tindakan bully biasa. Hal ini dikarenakan pelaku bully dapat menjadi apa saja tanda diketahui identitas aslinya (anomim), karena mereka bersembunyi dibalik teknologi yang digunakan. Pelaku bully juga dapat menjadi sangat liar dalam aksinya melakukan bully dikarenakan korban tidak bisa memberikan respon secara langsung kepada pelaku. Selain itu cyberbullying dapat menjadi sebuah virus karena dapat didistribusikan memalui media internet yang dapat diakses oleh siapapun. Korbanpun mungkin tidak mengetahui alasan mengapa dia menjadi seorang korban karena dia tidak mengetahui siapa yang membullynya.
Korban dari cyberbullying lebih mendapatkan dampak yang lebih berat karena cyberbully bukan menyerang fisik melainkan mental. Para korban ini dapat menjadi depresi, terlalu larut dalam kesedihan, marah, frustasi, takut, tidak percaya diri. Ciri-ciri yang mungkin ada pada anak atau remaja yang terkena cyberbullying diantaranya,
  1. Secara mendadak berhenting menggunakan komputer (internet) dan perangkat mobile.
  2. Panik ketika menerima pesan baik melalui media sosial maupun perangkat mobile.
  3. Terlihat marah.
  4. Tiba-tiba menjadi tertutup dan tidak bercerita tentang aktifitas onlinenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar